Bagi anda penunggang Force 1 atau F1ZR yang pengen lari kuda besinya tambah kencang dibandingkan dengan rata-rata motor sejenis, dan rela keaslian motor kesayangannya sedikit berobah, berikut ada tips 'cespleng' dari om admin Dunia Otomotif yang boleh dicoba.
Dan jika memang benar-benar ingin mencoba, saran saya adalah; sebaiknya lakukan dengan bantuan mekanik ahli, atau di bengkel terpercaya.
Cara membuat motor Force 1 atau F1ZR bernafas panjang dan makin gahar ketika dipacu sebenarnya tidak terlalu sulit. Apa saja yang harus dilakukan? Berapa besar biayanya? Simak tips berikut ini:
Force 1 atau F1ZR adalah produk Yamaha dalam kategori motor 2 langkah. Untuk membuatnya bertambah kencang dan bernafas lebih panjang tentu saja diperlukan beberapa perobahan yang membutuhkan biaya. Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan dan apa saja yang perlu dirobah.
1. Knalpot
Komponen penting untuk membuat nafas Yamaha F1ZR anda panjang adalah knalpot. Boleh jadi ada di antara kita yang belum mengetahui fungsi dan tugas knalpot pada motor.
Fungsi knalpot adalah sebagai media pembuangan residu hasil pembakaran pada piston yang dilepaskan keluar melalui knalpot. Pada knalpot F1ZR, yang perlu anda lakukan adalah membuat pelepasannya menjadi 'plong' alias free. Agar pelepasan, sekaligus suara knalpot menjadi 'plong', pertama gunakan saja knalpot standar motor Yamaha F1ZR. Perobahan yang diperlukan cuma memboboknya. Hal ini dapat membuat motor F1ZR anda lebih kencang dan enak pada saat putaran atas. Jika anda sudah menggunakan knalpot standar, mintalah ahli knalpot untuk memboboknya. Biaya untuk ini relatif tidak mahal, apalagi jika anda pintar menawar. Knalpot yang sudah dibobok akan menghasilkan pelepasan dan suara yang 'plong', sehingga nafas motor F1ZR anda semakin panjang.
2. Gear depan dan belakang
Gear ini tidak untuk dibobok seperti knalpot juga lho! Pada perubahan gear, anda perlu menggunakan gear berukuran lebih kecil dibanding ukuran standar. Saran; lebih baik gunakan gear depan ukuran 13 dan gear belakang ukuran 34. Untuk motor F1ZR kedua ukuran ini sekarang sudah tersedia di toko-toko online (check link di atas). Sebaiknya gunakan gear merk SSS (Tripple-S) yang memang dikhususkan untuk motor balap!
Untuk rantai, cukup yang standar saja, hal ini membantu untuk menghemat biaya. Tapi jika anda ingin sekalian menggunakan rantai motor racing, merk SSS memang lebih baik walau harganya lumayan.
3. Gas spontan
Gas juga berpengaruh pada nafas dan keganasan motor. Jika anda ingin motor anda lebih ganas dan agresif. Ganti gas motor F1ZR anda dengan gas spontan! Ini sangat berpengaruh karena dapat membuat hentakan gas memang benar-benar spontan! Harga komponen ini tidak mahal.
4. Karburator
Jika semuanya sudah dilakukan. Selanjutnya adalah perubahan pada karburator. Stel karburator dengan setelan yang pas dan tepat. Jangan asal menyetel karburator, karena hal ini dapat menyebabkan motor 'mbrebet' alias kehilanga tenaga bin loyo. Supaya benar-benar 'joss', lakukan reamer pada karburator F1ZR anda. atau boleh juga menggantinya dengan karburator Yamaha RX-King. Ini juga besar pengaruhnya pada 'tarikan' motor yang akan terasa lebih enak. Namun konsekuensinya sistem pembakaran menuntut suplay BBM lebih banyak dari biasa, alias rada boros.
5. Per, atau pegas kopling
Ini tips bagian mesin. Per, atau pegas kopling motor F1ZR standar sebenarnya sudah enak buat motor. Tapi jika ingin kerja tuntas, gantilah pegas kopling F1ZR anda dengan per, atau pegas kopling Suzuki Smash! Pegas kopling milik Smash diyakini lebih kuat dan lebih responsif dibanding milik F1ZR standar. Namun konsekuensinya anda harus membubut rumah kopling motor anda, sebab ukuran pegas kopling Smash lebih besar dibandingkan dengan ukuran standar F1ZR. Kendati demikian, hasilnya akan dapat anda rasakan sendiri bagaimana ia membuat F1ZR anda mampu melesat di berbagai medan!
6. Porting
Ini adalah langkah terahir - sebetulnya tidak perlu-perlu amat karena biayanya relatif mahal, kecuali jika anda akan mengikuti balap motor sungguhan - maka lakukanlah porting burning pada sistem pembakaran F1ZR anda. Untuk ini anda dapat membawanya ke ahli porting atau bengkel terpercaya. Pastikan reputasi bengkel dan mekaniknya memang OK sehingga resiko human error dapat ditekan seminim mungkin.
Lima langkah pertama, ditambah langkah ke-enam di atas dijamin akan membuat motor kesayangan anda menjadi "semakin di depan" dalam setiap konvoi, apalagi kalau sudah di "gas poll!", seperti jargon Valentino Rossi untuk motor-motor produk Yamaha!
0 Komentar:
Posting Komentar