Boleh jadi masalah ini tidak, atau belum terjadi pada motor anda, tapi bukan berarti tidak pernah terjadi misalnya pada motor-motor pengguna lainnya, yakni engkol, atau slah motor dol akibat gigi-gerigi pada ujung as engkol aus, atau gigi-gerigi pada batang engkol (kick starter) aus, atau gigi-gerigi pada keduanya sudah sama-sama aus, alias sudah sama-sama ompong!
Jika ini terjadi pada motor anda dan anda sendiri belum berniat mengganti salahsatu - atau keduanya - dengan yang baru (karena selain harus beli baru, biaya turun mesin juga harus diperhitungkan), maka cara mudah yang umumnya dilakukan adalah dengan mengelas bagian yang dol tsb.
Cara ini memang lumayan praktis karena selain dianggap 'cespleng' mengatasi masalah dol-dolan tadi, biayanya juga relatif 'tak seberapa' bila dibandingkan dengan ganti spareparts!
Tapi cara ini sebetulnya tidak disarankan, karena lihat saja sendiri bagaimana penampilan motor anda setelahnya, khususnya pada bagian yang dilas tsb! Gantengnya jadi berkurang, bukan?
Di samping itu, konsekuensi lain yang harus anda hadapi adalah terpaksa repot sendiri tiap kali perlu membuka blok mesin karena bagian yang dilas tadi harus dilepas dulu dengan menggunakan las pula, atau kalau anda atau montir anda lebih pilih jalan pintas, yakni dengan menggerinda bagian yang dilas tsb, maka dipastikan kerusakan pada bagian gerigi as engkol tidak bisa dihindari. Ujungnya, jadi ganti as engkol betulan deh!
Lalu, bagaimanakah cara yang disarankan - dan yang penting, tidak harus turun mesin pula?
Simak penjelasan singkat berikut ini.
Trik yang relatif hampir sama juga dapat diterapkan jika masalah serupa terjadi pada gigi-gerigi pedal 'voorsnelling' motor anda yang mengalami nasib apes; ikutan dol pula! Perhatikan tips berikut ini.
0 Komentar:
Posting Komentar