Mengatasi oli mesin rembes dan menetes dari blok magnet (crankcase kiri)

Oli Menetes dari blok magnet yang berada di samping kiri mesin motor Yamaha F1ZR, selain dapat mengotori lantai ketika parkir di rumah, apalagi ketika distandar samping makin banyak tetesan-tetesan olinya, juga membuat tidak nyaman ketika sepeda motor tersebut kita kendarai karena kita juga pastinya merasa khawatir jangan-jangan oli mesinnya habis! Memang sih, jika terus-terusan olinya menetes dan tidak segera diatasi, lama-lama oli mesinnya pasti habis!

Oli mesin yang menetes di area blok magnet Yamaha F1ZR ini bisa terjadi karena oli sealnya ada yang bocor, bisa dari seal as pedal giginya, bisa juga dari seal as gear depannya. Namun yang paling sering terjadi dan menjadi keluhan adalah karena oli menetes dari seal as pedal giginya yang sudah rusak karena kondisi karet sealnya yang sudah getas dan kaku, mungkin juga karena sudah tidak mampu lagi menahan "beban derita" panasnya mesin, sehingga tidak sanggup lagi menutup celah-celah as pedal giginya yang menyebabkan oli mesin rembes dan menetes keluar.

Penting diketahui, untuk motor Yamaha F1ZR seal as pedal gigi/verseneling terpasang di bagian dalam blok magnetnya, tepatnya di crankcase sebelah kiri. Adapun cara membuka dan memasangnya dapat dikerjakan sendiri, namun sebaiknya minta bantuan mekanik ahli di bengkel motor. Kendati demikian, buat agan-agan yang suka "ngoprek", bisa juga dikerjakan sendiri dengan memperhatikan langkah berikut ini.

Pertama tentunya sediakan kunci-kunci yang lengkap dan juga sediakan wadah buat menampung baut-bautnya supaya tidak berceceran dan berantakan.

Kedua Untuk megatasinya hanya bisa di lakukan dengan cara mengganti seal as giginya dengan yang baru. Sedangkan untuk ukuran dan kodenya 12-18-5 dan bisa di beli di toko atau bengkel terdekat sedangkan untuk harga yang orsinil sekitar 20 Ribuan.

Berikut adalah petunjuk bagaimana cara membuka dan memasangnya, yang mungkin bisa agan-agan praktekan sendiri di rumah. 

Pertama-tama, buka dulu cover mesinnya dengan menggunakan obeng (+) atau bisa juga menggunakan obeng ketok, kemudian lepaskan cover mesinnya. Setelah itu buka kipasnya menggunakan obeng ketok juga bautnya ada tiga buah setelahnya kemudian buka mur piringan kipas menggunakan kunci sok 17mm setelah terbuka kemudian murnya lepaskan. Setelah itu jangan lupa buka juga pedal operan giginya menggunakan baut 12mm lalu lepaskan. Untuk membuka blok magnet yamaha F1ZR baut-bautnya menggunakan baut obeng, jadi untuk membukanya menggunakan obeng ketok, dan di bawah ada juga baut yang menggunakan kunci L 5mm. Setelah semua baut-bautnya di buka, sebelum melepas blok magnetnya jangan lupa soket soket yang menuju kabel bodinya pun di buka lalu lepaskan blok magnetnya.

Nah, di sana sudah kelihatan dari mana asalnya oli tersebut sampai bisa menetes tentunta kalau bukan dari seal as gear depannya, pastinya dari seal as operan giginya.

Langsung saja buka dengan mencongkelnya menggunakan obeng (-) kecil, setelah itu baru pasangkan seal as operan giginya. Setelah semuanya selesai dan rapi pasangkan kembali blok magnet dan covernya. Tentunya komponen yang lainnya pun jangan sampai ada yang ketiggalan. 

Selesai deh oli yang menetes pun langsung stop seketika!

Demikian postingan kali ini tentang Mengatasi Oli Menetes Di Blok Mesin Yamaha F1ZR.
Semoga bermanfaat.



Tips dari Workshop Zone

Broer Bekti

Sobat dan sahabat memanggil saya 'Brot' atau ada juga yang menyebut 'Bekti', keduanya untuk kata lain dari Brother Bekti, panggilan sehari-hari saya. Saya suka motor-motor tua, terutama yang sukses direstorasi, sekaligus pengagum motor-motor langka hasil modifikasi yang tampak gagah bila sesekali meluncur di jalan raya. Salahsatu favorit saya adalah Yamaha F1Z-R yang menjadi alasan kenapa saya membuat blog ini.

0 Komentar:

Posting Komentar